MAKNA DAN FUNGSI BUDAYA TRADISI NYADRAN DALAM KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DUSUN SAWEN, DESA SENDANGREJO, KECAMATAN NGIMBANG, KABUPATEN LAMONGAN.

  • Yessy Soniatin
Keywords: Makna dan fungsi budaya, nyadran, kearifan lokal, Sawen, Sendangrejo, Ngimbang, Lamongan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi nyadran, makna yang terdapat dalam tradisi nyadran, dan fungsi budaya tradisi nyadran dalam kearifan lokal masyarakat dusun Sawen, desa Sendangrejo, Ngimbang, Lamongan. Datanya adalah makna dan fungsi budaya tradisi nyadran di wilayah Sawen, Sendang Rejo, Ngimbang, Lamongan yang sumber datanya berjumlah tiga orang yaitu kepala dusun, tetua, dan tokoh agama. Pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara, teknik pencatatan, teknik simak, teknik perekaman, dan teknik dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan teknik terjemahan, data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tradisi nyadran di Sawen, Sendang Rejo masih menjungjung tinggi fungsi budaya tradisi nyadran dalam kearifan lokal dan menerapkan makna yang dipegang teguh sampai turun-temurun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-31
How to Cite
Soniatin, Y. (2021). MAKNA DAN FUNGSI BUDAYA TRADISI NYADRAN DALAM KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DUSUN SAWEN, DESA SENDANGREJO, KECAMATAN NGIMBANG, KABUPATEN LAMONGAN. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 13(2), 193-199. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/humanis.v13i2.2486
Section
Articles