PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA PONDOK PESANTREN ULUL ABAB LUBUKLINGGGAU

  • Hapizil Umam Institut Agama Islam (IAI) Al Azhaar Lubuklinggau
  • Fevi Oktaria Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia
  • Siti Mukarromah Institut Agama Islam Al Azhaar Lubuklinggau, Indonesia
  • Tri Pujiasih Institut Agama Islam Al Azhaar Lubuklinggau, Indonesia
Keywords: influence, Arabic language, Koran and Hadith

Abstract

Untuk dapat mempelajari dan mendalami ajaran Al-Qur'an dan al-Hadits diperlukan kecakapan dalam bahasa Arab. Penelitian ini bertujusn untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bahasa arab terhadap prestasi belajar alquran dan hadits. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang pertama observasi non partisipan, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi. Tingkat prestasi belajar Al-Quran hadits siswa di Pondok Pesantren Ulul Albab Lubuklinggau memiliki nilai baik dan sangat baik. Berdasarkan 2 kategori tersebut, maka di dapatkan 10 siswi atau 31,25% dari sampel berada pada kategori sangat baik. Kemudian untuk kategori baik terdapat 20 siswi 62,5% dari semua sampel. Untuk kategori sedang terdapat 2 siswi atau 6,25% dari semua sampel dan untuk katagori buruk dan sangat buruk tidak ada atau 0% dari semua sampel. Berdasarkan hasil di atas maka dapat dikatakan bahwa prestasi  belajar Al-Quran Hadits siswa Pondok Pesantren Ulul Albab Lubuklinggau berada pada tingkat nilai yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-19
How to Cite
Umam, H., Oktaria, F., Mukarromah, S., & Pujiasih, T. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA PONDOK PESANTREN ULUL ABAB LUBUKLINGGGAU. Al-Fakkaar, 5(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/alf.v5i1.5397
Section
Articles