EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN KAIDAH QAWAIDUL I’LAL KELAS 2 ULA PUTRI DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR SIMO

  • Ida Latifatul Umroh Universitas Islam Darul 'ulum
  • Anis Mirwahatul Jannah Universitas Islam Darul 'ulum
Keywords: Keterampilan Menulis, Kaidah Qawaidul I’lal

Abstract

Keterampilan menulis adalah keterampilan yang kurang difahami oleh peserta didik di pondok pesantren Matholi’ul Anwar. Oleh karena itu, peneliti memberikan pembelajaran menulis bahasa Arab dengan menerapkan kaidah Qawa’idul I’lal untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab dengan kaidah Qawa’idul I’lal kelas 2 ULA putri di madrasah diniyah pondok pesantren matholi’ul anwar . Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subjeknya tidak terlalu banyak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga teknik yakni dokumentasi, wawancara dan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan penyajian informasi dengan rumus statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa hasil analisis Uji Normalitas menunjukkan  nilai signifikasi post-test yaitu 0,107. Hasil analisis Uji Homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikasi post-test yaitu 0,794. Dan pada uji hipotesis diketahui nilai sig (2-tailed) atau  adalah . Ini berarti bahwa nilai  kurang dari taraf signifikan 5%. Dengan ini diketahui bahwa metode Qawa’idul I’lal dapat meningkatkan penguasaan kemampuan menulis  siswa kelas 2 Ula putri Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Simo

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-23
How to Cite
Umroh, I., & Jannah, A. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN KAIDAH QAWAIDUL I’LAL KELAS 2 ULA PUTRI DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR SIMO. Al-Fakkaar, 2(2), 46-61. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/alf.v2i2.2586
Section
Articles