PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN

  • Khoirotun Ni’mah Universitas Islam Darul Ulum
  • Durrotun Nafisah Universitas Islam Darul Ulum
Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Evaluasi adalah suatu kegiatan atau proses mengukur dan dilanjutkan dengan menilai sampai dimanakah tujuan yang telah dirumuskan sudah dapat tercapai. Jika evaluasi digunakan dalam suatu pembelajaran maka, penilaian tersebut ditujukan pada kemajuan dan perkembangan peserta didik dari tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata dan bahasa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah mata pelajaran bahasa Arab di kelas satu sampai kelas enam satu minggu sekali dengan dua jam pelajaran. Jenis penilaian yang dilakukan oleh guru bahasa Arab adalah pertama, pertanyaan lisan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab setelah selesai pembelajaran berlangsung. Kedua, ulangan harian yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab secara periodik pada akhir pembelajaran kompetensi dasar (KD) tertentu. Ketiga, ulangan tengah semester atau akhir semester yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab dengan penggabungan materi dari beberapa kompetensi dasar (KD) dalam kurun waktu tertentu. Bentuk tes yang digunakan juga bermacam-macam disesuaikan dengan kemahirannya dari kemahiran menyimak, kemahiran berbicara, kemahiran, membaca dan kemahiran menulis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-06
How to Cite
Ni’mah, K., & Nafisah, D. (2020). PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN. Al-Fakkaar, 1(1), 23-39. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ALF/article/view/1882
Section
Articles